Belajar Variable dalam PHP: Penjelasan Lengkap dan Contoh Penerapan

 Variabel adalah sebuah simbol yang digunakan untuk menyimpan nilai dalam suatu program. Dalam PHP, variabel digunakan untuk menyimpan informasi yang dibutuhkan dalam suatu script.

Untuk membuat variabel dalam PHP, gunakan tanda dollar ($), diikuti dengan nama variabel. Nama variabel harus diawali dengan huruf atau underscore, dan tidak boleh diawali dengan angka.

PHP memiliki tipe data seperti integer, float, string, dan boolean. Tipe data akan ditentukan secara otomatis oleh PHP berdasarkan nilai yang diberikan pada variabel.

Contoh penggunaan variabel dalam PHP:

$nama = "John Doe"; $umur = 30; $tinggi = 1.75; $is_ married = true; echo "Nama saya adalah $nama. Saya berumur $umur tahun. Tinggi badan saya $tinggi meter. Apakah saya sudah menikah? $is_married";

Hasil yang diperoleh adalah: "Nama saya adalah John Doe. Saya berumur 30 tahun. Tinggi badan saya 1.75 meter. Apakah saya sudah menikah? true".

Dengan memahami penggunaan variabel dalam PHP, kita dapat membuat script yang lebih dinamis dan mudah dipahami. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami lebih lanjut tentang variabel dalam PHP.

Komentar